Sejarah Kebudayaan Islam dan Kontribusinya Terhadap Pola Pemikiran Siswa

Pada umumnya Sejarah Kebudayaan Islam dibagi menjadi 5 periode. Pertama, Islam Periode mekkah dan Madinah dimana nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin dari penyebaran Islam tersebut. Kedua, Islam Periode Khulafarurrasyidin. Jumhur Ulama menetapkan 4 sahabat yang yang tergolong Khulafarurrasyidin yaitu Abu Bakar bin Abi Quhafah,
Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Tholib, sedangkan beberapa tokoh memasukkan Umar bin Abdul Aziz, Kholifah ke 8 Bani Umayyah sebagai Khulafaurrasyidin ke 5. Ketiga, Islam periode Klasik dimana pemerintahan Islam dipimpin oleh Daulah Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Keempat, Islam periode Pertengahan, terdapat 3 kerajaan Islam Besar yang berkuasa pada periode ini yaitu, Kerajaan Turki Usmani di Turki, Kerajaan Syafawi di Persia atau Iran dan Kerajaan Mughal di India. Kelima, Islam Periode Modern, pada periode ini justru Islam mengalami kemunduran dari berbagai bidang, khususnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri dari dunia modern.
Sejarah panjang umat Islam tersebut dengan berbagai pencapaian puncak kemajuan pada masa Nabi Muhammad SAW yang diteruskan oleh Khulafaurrasyidin serta dikembangan oleh Daulah Bani Umayyah dan Abbasiyyah namun setelahnya Islam mulai mengalami disintegrasi politik yang menyebabkan kemunduran. Dengan dipelopori oleh para Ulama, Islam mulai sadar akan ketertinggalannya dengan bangsa lain (bangsa Barat) dan bangkit kembali. Bangkitnya para Ulama ini ditandai dengan adanya sebuah ide dan gerakan untuk menumbuhkembangkan semangat keilmuan yang dulu telah dirintis pada era puncak kejayaan Islam yaitu masa bani Umayyah dan Bani Abbasiyyah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKI MA KELAS XII : WALISONGO

SKI MA KELAS XII : ISLAM DI DUNIA ( AFRIKA DLL)

SKI MA KELAS XII :ISLAM DI INDONESIA