SKI MA KELAS XII : ISLAM DI DUNIA ( AFRIKA DLL)


Perkembangan masa berjalan dengan begitu cepat. Sejalan dengan itu pertumbuhan dan perkembangan Islam merebak ke seluruh penjuru dunia. Pada awal abad XX masehi, Islam telah memasuki benua Amerika, Eropa, Australia dan Afrika. Berkaitan dengan hal tersebut , maka pembahasan ini akan menitikberatkan pada proses masuknya Islam ke beberapa benua tersebut dan perkembangan Islam di dalamnya.

A.                 Perkembangan Islam di Afrika
Benua Afrika dihuni oleh penduduk yang sebagian besar  berkulit hitam . Oleh karena itu , Afrika lebih dikenal dengan sebutan Benua Hitam. Kebudayaan mereka yang dulu sangat tinggi melebihi kebudayaan bangsa Eropa , musnah oleh bangsa-bangsa barat.
Sejak zaman Rasulullah SAW telah terjadi hubungan baik dengan dengan salah satu bangsawan di Afrika , yaitu seorang gubernur Muqauqis di Mesir .  Pada saat itu  Nabi Muhammad SAW mengirim surat kepada Muqauqis , agar bersedia masuk Islam. Namun ketika Muqauqis belum bersedia masuk Islam. Baru pada masa Khalifah Umar bin Khatab ,Mesir dapat dikuasai oleh umat Islam melalui seorang panglima perang yang bernama Amru bin Ash. Keberhasilan ini didukung oleh masyarakat Romawi Timur yang menderita akibat penjajahan Romawi Timur. Harta kekayaan bangsa Mesir diangkut ke negeri penjajah untuk memperkaya bangsanya. Pajak yang dibebankan kepada rakyat sangat tinggi.
Dalam perkembangan selanjutnya , penduduk Afrika banyak yang memeluk Islam, bahkan Afrika mendapat julukan benua Islam. Hal ini menunjukkan banyaknya jumlah penduduk yang beragama Islam. Dan di beberapa Negara Afrika, umat Islam menjadi umat mayoritas.
Perkembangan Islam di Afrika, meliputi Negara Mesir, Libya, Tunisia, Aljazair, Maroko, Mali, Mauritania,Angola, pantai Gading, Nigeria, Gana, Chad, Sudan, Somalia, Ethiopia, Kenya, Zaire, Tanzania, Zambia, dan Uni Afrika Selatan. Namun dalam pembahasan ini hanya dikemukakan beberapa Negara saja.

1.                   Mesir   
Mesir merupakan slah satu Negara di Afrika yang pertama kali mengenal Islam . Penduduknya 94 %  beragama Islam, sisanya beragama Kristen. Di Mesir terdapat delapan Universitas yang didirikan oleh Dinasti Fatimiyah, termasuk di dalamnya Universitas Al Azharpada tahun 972 M.

2.                   Ethiopia
Pada zaman Rasulullah SAW , agama Islam telah sampai ke Negara Ethiopia(Habsyinia) yang dibawa oleh 15 orang shahabat Rasul di bawah pimpinan Usman bin Affan dan Ja’far bin Abu Thalib ketika berhijrah kesana. Sejak abad 17 sampai 19 M , dakwah Islam dapat menembus rintangan orang-orang Kristen.Oleh karena itu, banyak daerah yang memeluk Islam walaupun wilayah tersebut masih menggunakan nama masehi seperti suku Takatih, Habatiyah, Mansa’a dan Timaramaja.
Sejak abad 17 M muslim Habsyinia telah mengadakan hgubungan dengan Mesir utamanya dengan Al Azhar , sehingga lahirlah ulama’ulama’ terkenal antara lain Syekh Imam Az Zaila’ Fahrudin Usman bin Ali, Syekh Ali Al Jabarti Al Arif Billah . Dismaping itu pada umumnya , umat Islam di Ethiopia bermadzhab Syafii , Hanafi dan Maliki.

3.                   Sudan
Agama Islam masuk sudan pada masa Khalifah Usman bin Affan yang dibawa oleh Abdullah bin Said Abi Sarah.  Agama Islam semakin berkembang sehingga mampu mendirikan kerajaan Islam . Seperti Alfunji ( 1505-1820 M), Darafura (1638-1875 M) dan Taqli (1570-akhir abad 19M). Penyebaran Islam di Negara ini dilakukan dengan cara mengajarkan ilmu tasawuf dan filsafat. Adapun tokoh ahli tarekat dan tasawuf yang masyhur antara lain Abdul Qadir Jaelani (1179-1186 M) dan Abdul Hasan As Syazali (1196-1258 M). Pada abad 14 M telah muncul terekat Qadriyah oleh Syekh Umar Al Baqayah. Kemudian menjadi Qadiryah Baqiyah. Disamping itu ada juga tarekat Fadiliyah oleh Fadal.

4.                   Eriteria
Islam berkembang di negeri ini, sejak abad 12 M dengan baik.Hampir seluruh wilayah negeri masuk agama Islam. Negeri ini terletak di pesisir laut merah yang beribukota di Asmara. Negeri Eritheria merupakan bekas jajahan Inggris pada tahun 1952 M.

5.                   Uganda
Islam masuk ke negeri ini melalui Zanzibar yang dibawa para dai dari pemerintah Raja Suna (1883-1860 M) dan pada masa pemerintahan Raja Muwanaja (1884-1897 M) . Kemudian agama Islam dijadikan agama resmi Negara . Pada masa Raja Bajaudah , ia terpikat oleh agama Kristen
Oleh karena itu, hal ini menyebabkan terjadinya persaingan antara Islam dan Kristen dalam penyiaran agama masing-masing.
6.                   Zanzibar
Zanzibar terkenal dengan hasil cengkihnya . Di sebelah utara terdapat pulau Pompa. Mayoritas penduduknya beragama Islam dan bermadzhab Syafii, sedangkan sultan bermadzhab Al Adaviyah. Di negeri ini telah berdiri mesjid Kizamakasih yang terbuat dari batu berukir tulisan Kufi.
7.                   Somalia
Pada abad 15 M , Islam masuk ke Somalia Tengah yang dibawa oleh 44 dai dari Arab di bawah pimpinan Syekh Ibrahim Abu Zarbaza di kota Harra tahun 1340 M. Kemudian pada abad 16 M hamper seluruh penduduk Somalia masuk Islam. Islam masuk ke Somalia di bawa oleh para pedagang Oman pada tahun 860 M.Di Negeri ini berdiri kesultanan. Kesultanan yang paling kuat adalah Yabnus (1420 M). Adapun madzhab yang dianut yaitu madzhab Syafi’i. Sedangkan jumlah penduduk muslim 100 % dari jumlah penduduk Somalia.

8.                   Senegal
Pada tahun 1675 penduduk Senegal yang beragama Islam mencapai 95 %. Kebanyakan mereka bermadzhab Syafi’I dan Maliki. Lembaga Pendidikan Islam yang sudah ada adalah pendidikan Ibtidaiyah sampai perguruan tinggi. Seperti Madrasal Awaliyah yang didirikan oleh Haji Mahmud bin Umar As Senegal, Sekolah penghafal Al Qur’an dan belajar Fiqih . Negeri tersebut telah merdeka pada tanggal 28 November 1960. Jumlah penduduknya mencapai 100 % muslim dan bermadzhab Maliki. Islam pertama kali dikenal oleh penduduk Senegal pada tahun 1050 M yang dibawa oleh bangsa Barbar di bawah pimpinan Mujahid Abdullah bin Yasin dan Abu Bakar bin Umar.

B.                 Perkembangan Islam di Eropa
Hari demi hari , peristiwa demi peristiwa yang terjadi di Barat menguatkan bahwa Islam datang disambut oleh masyarakat Barat. Islam ajaran yang mengumpulkan dan menghimpun berbagai tokoh ilmuwan, cedndekiawan, ahli bahasa di Eropa. Sebagian diantara mereka masuk Islam, yang lain mendekat pada Islam dan sebagaian lagi menunggu waktu untuk masuk Islam.   Bahkan mereka berdiri tegak membela ajaran Islam dan berusaha membentengi setiap usaha untuk menghina Islam.
Seorang penulis sekaligus dokter Perancis, Luci Skaldi telah meluncurkan bukunya dengan judul “Yang Terbebas” , berisikan nasehat kepada putrinya yang juga seorang penulis yang memusuhi Arab dab Islam di banyak tulisannya,. Salah satu karya Skaldi adalah :” setiap saat saya disodorkan berita tentang pejuang Palestina yang tewas, anak Palestina yang terbunuh atau wanita hamil yang diberondong senjata di Gaza, itu menjadi hati ini tergerakkan untuk membela”.
Islam masuk ke Eropa sekitar tahun 711 M ketika terjadi penaklukan semenanjung Andalusia oleh pasukan Islam di bawah pimpinan Thariq bin Ziad di Spanyol.Penaklukan ini terjadi pada masa khalifah Al Walid bin Abdul Malik dari Dinasti Umayyah. Pemerintahan Islam di Eropa berlangsung sekitar 7 abad. Setelah jatuhnya pemerintahan Islam, sekitar abad 15 sampai abad 17, umat Islam terusir dari daratan Eropa. 
Di Benua Eropa, Islam saat ini  merupakan agama kedua setelah Kristen. Dari Total populasinya diperkirakan umat Islam di Eropa berjumlah 5,4 %, yang terkonsentrasikan di Eropa bagian Timur, terutama di wilayah Balkan dan Kaukasus. Sedangkan di Eropa Barat , Islam banyak dianut orang –orang Perancis, Jerman dan Inggris. Diantara Negara-negara di Eropa lainnya yang perkembangan Islamnya cukup menonjol adalah Austria, Belgia, Spanyol, Belanda,  dan Roma.   Namun  pembahasan selanjutnya  akan disampaikan beberapa Negara saja.

1.                Austria
Pada awal masa kebangkitan Islam diadakan peresmian Islamic Centre  di ibukota Austria yaitu Wina. Di tempat tersebut telah dibangun pula sebuah mesjid jami’, perpustakaan dan madrasah sebagai tempat mempelajari Al Qur’an. Adapun nama perpustakaan itu adalah Moslem Social Service. Upara peresmian tersebut dihadiri oleh Presiden Austria, Rudolf dan Perdana Mentri Brimo Kreitschy, serta Mentri Pendidikan dan Pengajaran Arab Saudi , Syekh Abdul Aziz Abdullah Al Khuwitir.

2.           Belgia
Belgia mengakui bahwa Islam sebagai salah satu agama dari agama-agama yang ada. Pengakuannya tercantum didalam Undang-undang pada tanggal 17 Juli 1974. Di Belgia telah berdiri beberapa mesjid. Bahkan sejak tahun 1975 pendidikan Islam dimasukan ke dalam kurikulum . materi yang masuk di dalam kurikulum adalah Al Qur’an, bahasa Arab dan ilmu agama Islam. Pada tahun 1980 Umat Islam di Belgia berhasil menyelenggarakan Muktamar Islam Eropa di Kota Brussel. Sedangkan jumlah umat Islam dapat dicatat sebanyak 150.000 orang.

3.                   Spanyol
Umat islam di spanyol pernah mengalami masa kejayaannya, yakni pada masa kekuasaan daulah Bani Umayyah II ( berakhir 1492 M). Akan tetapi Islam terkekang oleh usaha-usaha Kristenisasi hingga abad ke 20 M. Pada tahun 1978 , pemerintah Spanyol mengeluarkan Undang-undang yang mengakui semua agama dalam derajat dan pengakuan yang sama.
Setelah itu, kegiatan keislaman mulai tampak lagi. Mesjid Raya Kordova merupakan peninggalan masa lalu, kini telah dipergunakan lagi untuk sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Kemudian tahun 1977  , raja Don Juan Carlos I menyediakan tanah untuk pendirian Islamic Centre.

4.                   Belanda
Keberhasilan umat Islam di Belanda adalah berkat perjuangan orang Belanda sendiri yang bernama Abdul Hamid Van Bommel.   Beliau membentuk organisasi Islam. Melalui organisasi ini beliau mendapatkan hak menunaikan kewajiban shalat lima waktu dan shalat jum’at.
Perkembangan Islam di sana banyak mengalami hambatan, apalagi umat Islam yang ada pada umumnya  para pedagang, seperti dari Pakistan, Turki, Indonesia dan Maroko. Sampai saat ini hanya satu mesjid yang berhasil di bangun di Belanda yaitu di Almelo.

5.                   Inggris
Perkembangan Islam di negeri ini sangat lancer. Salah factor penyebabnya adalah adanya aktifitas pengembangan Islam dengan ditandai dengan mengalirnya ilmu pengetahuan Islam dari Spanyol ke Inggris. Diantara orang yang paling gigih dalam penyebaran Islam di Inggris adalah Muzarrabes. Kemudian namanya diganti menjadi Petrus Al Ponsi. Ia merupakan seorang dokter istana raja Inggris Henry I.
Diantara organisasi Islam yang didirikan adalah sebagai berikut :
a.       Majelis Islam Eropa ( The Islamic Council of Eropa ) sebagai pengawas kebudayaan Eropa.
b.       Persatuan Organisasi Islam Inggris ( The Union of Moslem Organization ).
c.       Perhimpunan Muslimin Inggris ( The Association for British Moslem’s).
d.       Islamic Foundation and Moslem Institute yang bergerak di bidang penelitian.
Kemudian untuk mengembangkan agama Islam, telah di bangun sebuah mesjid agung (Central Mosque) di pusat kota London. Perancang mesjid adalah Frendik Golberd dan Patners pada tahun 1911. Pada tahun 1985, Islam telah memasuki struktur politik . Sebagai bukti telah lahir seorang walikota berani membuka acara resmi dengan pembacaan al Qur’an. Meskipun pada awalnya merasa was-was karena Inggris merupakan basis umat Kristen, namun acara tersebut dapat berjalan dengan lancer. Bahkan saat itu pula mulai disediakan makanan halal bagi umat Islam. Hingga kini di Inggris semakin banyak dibangun kompkles dan sarana kegiatan Islam.

6.                   Perancis
Perancis  ini terkenal sebagai Negara berbasis Kristen Katholik. Walaupun demikian, Islam berkembang dengan baik. Banyak diantara para cendikiawan yang akhirnya memeluk Islam. Diantaranya adalah koreografer (pecinta tari ) terkenal yang bernama Maurie Bejart, Occonagrapher ( ahli kelautan ), Jackues Yues Consteaus dan seorang penulis terkenal Roger Grandy .

7.                   Roma
Banyak  kerikil yang menghambat perkembangan Islam di Roma. Akan tetapi, pada tahun 1984 , umat Islam telah berhasil meletakkan batu pertama pembangunan mesjid di jantung dunia Katholik Roma ini. Mesjid merupakan satu-satunya Mesjid di Itali yang berada di kota Katania, Sicilia.
Di Eropa Timur, perkembangan Islam bermula pada masa pemerintahan Sultan Murad ( 1360-1389 M). Beliau berhasil memasukkan Islam di Negara-negara Balkan .  Akhirnya Ardianpel dijadikan sebagai ibukota Turki Usmani ( 1363 M) sejak tahun 1453-1923 beribukota di Konstantinopel.
Disamping Negara-negara di atas, Negara-negara Eropa yang mempunyai umat Islam adalah Yunani dan Yugoslavia. Yugoslavia mempunyai Institut Studi Islam Sarajevo.

C.                    Perkembangan Islam di Amerika
Saat ini dunia telah berubah menjadi kampung besar . Oleh karena itu, pertemuan agama-agama adalah salah satu fenomena global yang jamak terjadi. Di Dunia barat, termasuk di dalamnya adalah Amerika Serikat , kini telah menjadi ladang subur dakwah Islam. Sekarang ini Islam menjadi salah satu agama yang berkembang paling pesat di Amerika Serikat. Bahkan sesuai perkiraan yang dimuat di dalam lembar fakta Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, pada tahun 2010  jumlah penduduk muslim Amerika Serikat  diperkirakan akan melampaui jumlah kaum Yahudi,dan menjadikan Islam menjadi agama terbesar kedua di Negara tersebut setelah agama Kristen.
Beberapa ahli sejarah menduga bahwa Islam masuk ke Amerika dimulai ketika Christoper Colombus menemukan benua Amerika. Alasan tersebut disebabkan yang menjadi navigator penjelajahan ini adalah orang –orang muslim dari Andalusia atau Maroko. Setelah penemuan benua Amerika, mereka menetap di sana.
Disamping itu , adanya pemukiman tawanan muslim di di Andalusia ke tangan Eropa sebagai awal malapetaka bagi jutaan umat Islam. Dengan demikian, sebagian umat Islam yang menjadi tawanan orang-orang Spanyol dibawa ke Amerika.  
            Pada akhir abad ke 19 M banyak orang Islam yang datang ke Amerika dengan tujuan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Diantara mereka banyak yang berhasil memelihara identitasnya sebagai seorang Muslim. Mereka membentuk masyarakat yang tersebar di beberapa kota di Amerika serikat dan Kanada. Demikian juga, orang-orang Islam dari Syiria, Rusia Selatan, Turki dan beberapa Negara yang pernah dijajah Inggris, Perancis, dan Itali.Mereka banyak pindah ke Amerika.
            Meskipun sebagai minoritas, Islam sudah dianut oleh orang Amerika sejak lama. Orang-orang muslim kulit hitam Amerika yang tergabung dalam himpunan dakwah muslim Amerika yang dipelopori oleh Fard Muhammad ( Wali Ford ). Ia sangat giat dalam mengembangkan agama Islam. Sejak tahun 1930 beliau menyebarkan agama Islam di kalangan masyarakat Negro Amerika.  Pada waktu itu, Amerika khususnya bangsa Negro masih merasakan adanya system perbudakan di kalangan masyarakat. Fard Muhammad berusaha membebaskan mereka berdasarkan hukum al Qur’an.
            Usaha-usaha yang pernah dilakukan oleh Fard Muhammad adalah :
a.       Mendirikan sekolah rendah, sekolah wanita dan Universitas Islam di Detroit tahun 1932.
b.       Membentuk organisasi Islam dengan nama Nation of Islam.
c.       Mendidik kader-kader Islam yang tangguh.
Pada tahun 1934 Fard Muhammad digantikan oleh muridnya yang bernama Eliyah Muhammad Sejak itu pusat Nation of Islam dipindahkan ke Chicago .Selanjutnya dalam organisasinya ia mengambil prinsip –prinsip ajaran Islam yang tidak membedakan warna kulit . Selama di dalam kepemimpinannya , perkembangan agama Islam semakin luas, banyak tokoh-tokoh nasional yang akhirnya memeluk Islam seperti Malcoln, seorang tokoh nasional negro Amerika sebagai urator ulung dan Cassius Clay , mantan juara tinju dunia kelas berat. 
Pada tahun 1957 Eliya Muhammad mendapat tantangan dari misi Kristen yang bernama “ Christian Knights of The Khnu Klu “ yang dipimpin oleh J.B. Stoner. Tahun 1960 Eliya berhasil menerbitkan majalah “ Muhammad Speak “, sebagai salah satu sarana dakwah. Eliya Muhammad meninggal dunia pada tanggal 25 Februari 1975. Ia telah banyak berjasa bagi orang-orang Islam Negro Amerika . Banyak sekolah dan masjid telah dibangun. Demikian halnya di bidang ekonomi, ia meninggalkan warisan senilai kurang lebih 80 juta dolar yang ditanam di berbagai perusahaan. Di social dan pendidikan  serta ekonomi, orang-orang Islan Negro terangkat martabatnya berkat jasa Eliyah Muhammad.
Setelah Eliyah meninggal, perjuangannya dilanjutkan oleh putranya yang bernama Wallace. Ia terkenal dengan sebutan Warits Deen Muhammad. Sebagai pemimpin, dia berusaha mengadakan banyak perubahan antara lain :
a.          Pembaharuan –pembaharuan di bidang agama sesuai dengan AL Qur’an dan Hadits, terutama bidang akidah, dengan cara menjernihkan pemikiran masyarakat dari kemusyrikan dan kembali alQur’an dan Hadits serta berusaha memantapkan dua kalimah syahadat kepada para pengikutnya.
b.          Warits mengganti nama Nation of Islam menjadi The American Bellian Community yang berarti masyarakat Bilal Amerika. Istilah ini diambil dari nama seorang syahabat Rasullullah yang bernama Bilal bin Rabah. Kemudian organisasi tersebut diganti lagi menjadi The World Community of Islam in The West pada tahun 1976.
c.          Menghilangkan kursi-kursi yang ada di dalam mesjid sebagai pengaruh gereja.
d.          Meniadakan puasa pada bulan Desember dan diganti bulan Ramadhan.
e.          Mengganti kepemimpinan organisasi dari pemimpin tunggal dengan mengangkat majelis Imam sebanyak enam orang.  Setiap imam mengkoordinasikan mengenai zakat, pendidikan, dan hubungan dengan organisasi Islam yang lain untuk melancarkan urusan dakwah Islamiyah.
f.           Pada tanggal 30 April 1980 , Warits mengumumkan pergantian nama organisasi The World Community of Islam in The West menjadi American Moslem Mission ( AMM ). Perubahan ini mengandung maksud bahwa tugas pokok organisasi itu adalah dakwah Islamiyah. Dengan AMM, mereka juga menegaskan bahwa mereka sebagai warga Negara Amerika dan anggota masyarakat Islam seluruh dunia. Adapun kantor pusat organisasi ini berada di Universitas Chicago.

 Pembangunan sarana ibadah di Amerika sangat pesat. Sebagai bukti telah dibangun 266 masjid, 156 masjid didirkan oleh Masyarakat Bilal Amerika dan 110 buah lainnya didirikan oleh masyarakat muslim di beberapa Negara bagian. Islamic Centre Detroit merupakan masjid terbesar di Amerika yang dibangun pada tahun 1949 dan diresmikan tahun 1957. Masjid ini telah dibangun oleh jamaah dan bantuan dari Arab Saud, Mesir, Iran dan Libanon. Masjid tersebut juga dilengkapi dengan perpustakaan. Disamping digunakan untuk melakukan shalat, juga diperuntukan memperingati hari –hari besarIslam seperti maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, upacara perkawinan dan juga belajar agama.
Perkembangan dakwah Islamiyah di Amerika Serikat terjadi sangat pesat, banyak dilakukan para mahasiswa Islam  dari berbagai Negara yang sedang belajar di Amerika. Fenomena di Amerika sendiri sangat menarik. Sangat tidak akal pada masa pemerintahan George Bush, masyarakat Amerika berbondong –bondong masuk Islam justru setelah peristiwa pembomam World Trade Centre pada 11 September 2001 yang sangat membuat buruk citra Islam. Pasca peristiwa 11 September 2001 adalah era pertumbuhan Islam paling cepat yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Amerika. Ada 8 juta orang Islam yang tinggal di Amerika dan 20.000 orang Amerika memeluk Islam setiap tahunnya.
Saat ini di Amerika diperkirakan telah berdiri sekitar 1.209 masjid. Lebih dari 20 persen masjid memiliki sekolah penuh hari. Sedangkan sekolah-sekolah Islam kini sudah lebih dari 400 buah, tiga perguruan tinggi, 400 lembaga, sekitar 200.000 usaha dan lebih dari 200 penerbitan, jurnal dan surat kabar mingguan.

D.                 Perkembangan Islam di Australia
Agama Islam masuk ke Australia diperkirakan tahun 1850 -1870 M yang dibawa oleh orang-orang dari Pakistan dan Afganistan yang bekerja sebagai pengendara unta yang melintasi padang pasir dan hanya berbekal tikar untuk shalat. Islam masuki ke Australia semenjak berdirinya ibukota Negara bagian Australia Selatan yaitu Adelaide. Padatahun 1870 telah berdiri sebuah mesjid indah yang didirikan oleh orang-orang Afganistan. Karena faktor pengetahuan mereka tentang Islam sedikit, cara mereka berdakwah pun sangat sederhana dan tidak terencana dengan baik.Semua agama yang ada di Australia dilindungi oleh undang-undang.  Pemeluk agama diberi kebebasan melakukan ibadah dan berdakwah. Namun demikian apabila ingin mendirikan tempat ibadah, diwajibkan izin kepada pemerintah. Mayoritas penduduk Australia adalah penganut Kristen.
Pada tahun 1924, agama Islam lebih berkembang melalui orang-orang Albania. Setelah perang Dunia II ( 1945 ) umat islam meningkatkan kegiatannya di bidang dakwah. Partisipasi dakwah banyak dilakukan oleh Imam Ahmad Shaka.Disamping kegiatan tersebut juga telah berdiri lembaga pendidikan Islam untuk melestarikan pertumbuhan kehidupan agama Islam.
Diantara organisasi yang dibentuk untuk memajukan Islam adalah sebagai berikut :
1.        Australia Federation of Islamic Counuls ( Federasi Dewan-dewan Islam Australia) yang berpusat di Sidney.
2.       Federation of Islamic Societies ( Federasi Masyarakat Muslim ) yang bertaraf nasional meliputi 35 buah ormas Muslim local dan 9   Dewan Islam Negara bagian.
3.       Moslem Student Association (Himpunan Mahasiswa Muslim ). Organisasi ini menerbitkan majalah Al Manar yang menggunakan bahasa Arab dan Australia Minaret yang berbahasa Inggris.
4.       Moslem Women’s Centre ( Pusat Wanita- Wanita Islam ) yang bertujuan memberikan pelajaran keislaman dan bagi kaum yang dating dari luar negeri diberikan pelajaran bahasa Inggris. Organisasi ini berdiri pada tahun 1979.

E.         Perkembangan Islam di Asia
1.       Perkembangan Islam di Jepang dan Korea
Agama Islam di Jepang pada saat ini mendapat perhatian besar dari pemerintah Jepang. Berbagai organisasi Islam dunia memberikan perhatian sepenuhnya terhadap perkembangan Islam di negara tersebut.
Perkembangan Islam menjadi lebih pesat setelah munculnya wadah kaum muslimin di Jepang yaitu Muktamar Alam Islamy Jepang (Japan Islamic Congress) di Tokyo yang dipimpin oleh Prof. Dr. Haji Syauki Futaki.Berkat usaha Dr. Futaki dan dibantu oleh para pembantunya antara lain Tuan Morita dan wartawan Idris maka tiap hari berpuluh-puluh orang Jepang menyatakan ke-Islamannya. Menurut catatan dari Rabithah alam Islamy jumlah umat Islam yang tercatat di Jepang sekarang adalah 44.000 orang tersebar di seluruh wilayah Jepang.
Di Korea Selatan sebagian besar penduduknya (65%) belum beragama. Agama kristen (Protestan) merupakan agama terbesar (5 juta pemeluk), sedang agama resmi adalah Kong Hu Cu sejak dinasti Yi berkuasa, menggantikan agama Budha, agama asli bangsa Korea adalah Choudokyo (jalan ke surga). Islam datang ke Korea sejak perang Korea (1950-1953), yaitu ketika tentara PBB yang berasal dari Turki yang bertugas di Korea Selatan berhasil mendirikan masjid darurat dan menyebarkan Islam di Korea. Kemudian munculah perintis- perintis penyebar agama Islam seperti Zuber Kochi dan Abdul Rahman keduanya dari Turki. Para pengungsi yang ditampung di masjid darurat buatan tentara Turki ini banyak yang masuk Islam. Hal ini terjadi pada tahun1955.
Pada tahun 1967 di Korea Selatan didirikan sebuah organisasi Islam dengan nama “The Korea muslim Federation” dan menerbitkan sebuah koran yaitu “Korea Islam Herald”, yang mendapat pengakuan dari pemerintah. Sebagai tempat ibadat didirikan pula sebuah masjid. Dan untuk mempelajari agama Islam diadakanlah kegiatan-kegiatan, terutama kegiatan untuk mempelajari ajaran-ajaran Islam. Dengan bantuan beberapa negara-negara Islam antara lain Saudi Arabia, Korea berusaha untuk mendirikan sebuah universitas Islam yang baik dan lengkap.Perkembangan agama Islam dapat berjalan dengan baik karena 80% penduduknya berpendidikan
 (J. Abubakar dan Aminudin, Sejarah Kebudayaan Islam, hal. 61-63)

2.       Perkembangan Islam di Tiongkok dan China
Menurut catatan sekitar tahun 674-675 di Cina ada sebuah utusan dari Raja  Ta-Cheh=Raja Arab yaitu Muawiyah bin Abu Sofyan. Besar kemungkinan bahwa bangsa Tiongkok telah berkenalan dengan orang-orang Islam pada saat itu, sebab sebelum tahun 674 orang Islam sudah memusatkan perdagangannya di Malabar India, sedangkan para pedagang Tiongkok sudah berhubungan dengan pedagang India.Hubungan Tiongkok dengan Pedagang Islam berjalan terus dan sempat didapati keterangan bahwa Cheng Ho yang bermadzab Hanafi tahun 1404 diutus oleh kaisar Tiongkok untuk membantu penyiaran Islam di Melayu dan negeri-negeri timur. (ibid, hal 64)
Sejak tahun 1950 negeri RRT dikuasai oleh partai komunis. Sejak saat itu RRT dilarang pembangunan masjid baru. Pengajaran Islam serta tanah-tanah wakaf kaum muslimin, dirampas menuadi milik negara.
Anak-anak kaum muslimin tidak diizinkan mempelajari bahasa Arab dan agama Islam, Tulisan Arab diganti dengan tulisan Cyrilik (abjad Havonik).
Zakat dan pajak yang menjadi sumber dana Pembangunan muslimin dihapuskan.Kewajiban-kewajiban dalam agama Islam dihapuskan seperti khitanan, ibadat dan lain-lain.Tekanan-tekanan ini menyebabkan lemahnya kekuatan Islam sehingga diperkirakan Islam di Tiongkok sulit untuk dapat berkembang kembali dengan baik. (Ibid, Hal. 65)

Tugas

1.        Apa hikmah yang dapat diambil dari perkembangan Islam di dunia ?
2.       Apa yang anda lakukan dalam pengembangan Islam ?
3.       Apa yang dapat kita teladani dari para tokoh – tokoh yang berprestasi dakam perkembangan Islam di dunia ?

Ikhtisar
1.        Perluasan dakwah Islamiyah ke Benua Afrika , pertama kali dimulai pada masa Rasulullah saw kepada Gubernur Muqauqis. Dakwah tersebut diterima dengan baik, walaupun ia belum bersedia memeluk Islam. Penaklukan Islam terhadap Afrika terjadi pada masa Khalifah Umar bin Khatab. Pada saat itu, penduduk di Benua Afrika mayoritas beragama Islam.
2.       Masuknya Islam di daratan Eropa dimulai ketika pasukan Islam yang dipimpin oleh Thariq bin Zaid berhasil menaklukan Spanyol.
3.       Islam masuk ke Amerika diawali dengan penjelajahan yang dilakukan oleh Christoper Colombus yang telah menemukan Benua Amerika yang dipandu oleh pelaut-pelaut muslim. Islam berkembangan di Amerika dengan bukti banyaknya organisasi Islam yang berdiri.
4.       Islam hadir di Australia diperkirakan pada tahun 1850  sampai 1870 M yang dibawa pertama kali oleh orang Pakistan dan Afganistan.

Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih kembali sudah bersedia berkunjung ke Blog kami, ibu leni..
      Mohon masukan demi kemajuan bersama, smoga bermanfaat untuk semua.

      Hapus
  2. Terimakasih, sangat membantu dalam menyelesaikan tugas.. ☺

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKI MA KELAS XII : WALISONGO

SKI MA KELAS XII :ISLAM DI INDONESIA