RPP SKI MA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) : 01
Satuan Pendidikan : MA SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN
Kelas / Semester : XI IPS / Gasal
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran (3 x 45 Menit)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
· Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat
KOMPETENSI DASAR
· Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
INDIKATOR
- Mengidentifkasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah SAW pada periode Makkah
- Mengidentifkasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah SAW pada periode Madinah
- Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah
- Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah
- Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Makkah
- Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa Mampu :
1. Mengidentifkasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah SAW pada periode Makkah
2. Mengidentifkasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah SAW pada periode Madinah
3. Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah
4. Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah
5. Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Makkah
6. Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah
2. Sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah
III. MODEL / METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : Contectual Teaching Learning (CTL)
2. Model : Kooperatif
3. Pendekatan : Analisis dan pendekatan proses
4. Metode : Apresepsi dan Diskusi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
1. Motivasi
2. Penjelasan singkat tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
3. Appersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, masing-masing 4 orang
2. Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok
3. Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
4. Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
5. Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
C. Kegiatan Akhir
1. Menyampaikan kesimpulan akhir tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
2. Memberikan salam penutup
V. SARANA DAN SUMBER BELAJAR
1. Sari Sejarah Kebudayaan Islam, jilid 1 a, Abu Muhammad: 1982
2. Sejarah Peradaban Islam: dari masa klasik hingga modern, Siti Maryam dkk.
3. Tim Perumus, 2006, Menjelajahi Peradaban Islam, untuk Madrasah Aliyah Kelas XII, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani
4. dll
VI. PENILAIAN
1. Penilaian proses : Afektif
2. Penilaian konsep : Kognitif
3. Jenis Tagihan : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4. Instrumen Penilaian : Lembar Pengamatan dan tes Subjektif (Isian dan PG)
5. Contoh Instrumen : Terlampir
Mengetahui : Kepala MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen Drs. Moh. Syaid Sya’roni NIP. 195010271979021001 | | Kebumen, Juli 2010 Guru Mata Pelajaran Drs. Moh. Syaid Sya’roni NIP. 195010271979021001 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) : 02
Satuan Pendidikan : MA SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN
Kelas / Semester : XI, IPS / Gasal
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran (2 x 45 Menit)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
STANDAR KOMPETENSI
· Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat
KOMPETENSI DASAR
· Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
INDIKATOR
- Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
- Menjelaskan Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
- Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
- Menjelaskan Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
- Menunjukkan reaksi (negative) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
- Menunjukkan reaksi (negative) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa Mampu :
1. Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
2. Menjelaskan Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
3. Mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
4. Menjelaskan Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
5. Menunjukkan reaksi (negative) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
6. Menunjukkan reaksi (negative) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
II. MATERI PEMBELAJARAN
v Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW pada Periode Makkah
v Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW pada Periode Makkah dan Madinah
III. MODEL / METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : Contectual Teaching Learning (CTL)
2. Model : Kooperatif
3. Pendekatan : Analisis dan pendekatan proses
4. Metode : Apresepsi dan Diskusi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
1. Motivasi
2. Penjelasan singkat tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
3. Appersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, masing-masing 4 orang
2. Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok
3. Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW serta reaksi (negative) masyarakat terhadap dakwah beliau pada periode Makkah dan Madinah
4. Presentasi hasil diskusi tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW serta reaksi (negative) masyarakat terhadap dakwah beliau pada periode Makkah dan Madinah
5. Secara individu membuat essai singkat dari hasil diskusi
C. Kegiatan Akhir
1. Menyampaikan kesimpulan akhir tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW serta reaksi (negative) masyarakat terhadap dakwah beliau pada periode Makkah dan Madinah
2. Memberikan salam penutup
V. SARANA DAN SUMBER BELAJAR
1. Sari Sejarah Kebudayaan Islam, jilid 1 a, Abu Muhammad: 1982
2. Sejarah Peradaban Islam: dari masa klasik hingga modern, Siti Maryam dkk.
3. Tim Perumus, 2006, Menjelajahi Peradaban Islam, untuk Madrasah Aliyah Kelas XII, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani
4. dll
VI. PENILAIAN
1. Penilaian proses : Afektif
2. Penilaian konsep : Kognitif
3. Jenis Tagihan : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4. Instrumen Penilaian : Lembar Pengamatan dan tes Subjektif (Isian dan PG)
5. Contoh Instrumen : Terlampir
Mengetahui : Kepala MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen Drs. Moh. Syaid Sya’roni NIP. 195010271979021001 | | Kebumen, Juli 2010 Guru Mata Pelajaran Drs. Moh. Syaid Sya’roni NIP. 195010271979021001 |
Komentar
Posting Komentar